TriAn BozAan

7M

Tambah Tenaga Dengan Rp 150 Ribu


Image

Siapa bilang menambah tenaga mesin selalu menguras kocek? Pendapat seperti itu jelas tidak tepat. Asalkan bukan mengejar penambahan tenaga yang extreme, tuning berikut ini cukup dibayar Rp 150.000 saja. Murah toh?
Klep… regulator keseimbangan pembakaran
Salah satu cara untuk menambah performa mesin pada mobil harian adalah dengan menyetel katup atau klep mobil. Penyetelan klep sendiri biasanya masuk ke area tune-up mobil dengan mengatur kerenggangan celah klep hisap dan buang yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi mesin yang paling optimal.

Pengaturan/penyetelan klep pada tiap mobil berbeda-beda, tidak ada panduan baku. Hal ini dikarenakan kondisi tiap mobil berbeda meskipun berasal dari pabrikan bahkan model yang sama. Jadi penyetelah klep bukan hanya sekedar permainan teori melainkan gabungan antara teori, pengalaman dan feeling sang mekanis.

Pada dasarnya model klep pada mesin mobil ada 3 macam, mulai dari manual (ulir), sims (koin) dan HLA (Hydraulic Lash Adjuster). Untuk tipe manual (ulir), penyetelan celah klep dapat dilakukan pada kondisi panas dan dingin, untuk model sims (koin) harus pada kondisi dingin dan untuk model HLA tidak perlu ada penyetelan klep karena sudah ada pengaturan jangka waktu. Penyetelan klep dibagi menjadi dua yaitu untuk untuk setelan klep masuk dan klep keluar. “Sebagai contoh, untuk mobil Honda Accord setelan klep masuknya berada antara 0.17mm – 0.22mm dan setelan klep keluarnya antara 0.22 – 0.27 mm” ujar Taqwa, komandan dari Garden Speed Motorsport.

Bisa untuk hemat BBM, bisa juga untuk Extra Power
Untuk penyetelan kondisi normal / standar, biasanya klep mobil akan di stel kembali ke spesifikasi standar bawaan pabrik. Sedangkan penyetelan non standard hanya dilakukan bila pemilik mobil ada permintaan khusus, misalnya mau mobil lebih bertenaga atau bisa juga lebih irit BBM.

Ketika akan menyetel klep untuk menambah besar atau kecilnya bukaan mekanis harus extra teliti. Yang perlu diingat, kalau celah klep lebih kecil otomatis bukaan klep akan lebih besar. Semakin besar bukaan klep akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros karena suplai bensin akan semakin banyak dan dampaknya mesin akan terasa semakin bertenaga.  Begitu juga sebaliknya, semakin kecil bukaan klep akan membuat konsumsi bahan bakar semakin irit karena suplai bensin semakin dibatasi dan membuat tenaga mesin agak sedikit berkurang.  Tapi bagaimanapun juga, pengaruh valve timing sangat penting. Karena untuk mendapatkan hasil yang maksimum valve timing harus di set ulang. Selain itu juga besar/kecil bukaan klep mempengaruhi turbulens yang ada didalam silinder, karena akan mempengaruhi pembakaran optimum.

Set ulang secara berkala biar tenaga gak ngempos
Celah klep perlu di setel secara berkala karena setelah sekian lama mesin bekerja akan terjadi benturan antara klep dengan rocker arm, atau bibir klep dengan sitting pada silinder head dimana akan merubah ukuran dari celah klep. Penyetelan celah klep mengikuti jarak tempuh kendaraan itu sendiri. Terlalu sering setel klep tidak baik, begitu juga kalau terlalu jarang setel klep karena bisa membuat slek atau dol.

Untuk tune up di Garden Speed Motorsport, harga dipatok mulai dari 150 ribu (diluar sparepart) untuk mobil-mobil lansiran Jepang dan untuk mobil-mobil lansiran Amerika dan Eropa dipatok harga 250 ribu (diluar sparepart).

sumber: situs otomotif

27/08/2009 - Posted by | engine, engine mobil, engine tuning |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: