TriAn BozAan

7M

Pilih Head Unit Buat Sound Quality (SQ)

ImageKarena head unit merupakan perangkat audio mobil yang pertama kali membaca sinyal audio dari sebuah media / source seperti kaset, CD, DVD ataupun yang lainnya, sudah pasti kualitas dan fiturnya sangat berperan penting dalam menghasilkan suara beserta kualitasnya.
Terlebih buat SO mania yang menginginkan sebuah suara yang berkualitas atau konsep audio Sound Quality (SQ) dalam mobilnya, tentunya harus menggunakan head unit yang dibuat untuk mengedepankan kualitas suara, untuk ada beberapa fitur yang harus diperhatikan keberadaannya sebelum memilih head unit agar nantinya mampu menghasilkan sebuah suara yang berkualitas dengan konsep Sound Quality (SQ).

Fitur Time AlignmentMenurut Sandy, instalatur car audio dari workshop audio Sterindo Autosound, beberapa fitur yang harus ada dalam head unit untuk mengedepankan kualitas suara (SQ) adalah :

1. Fitur Time Alignment : Pastikan head unit tersebut memiliki fitur ini, karena time alignment berfungsi untuk membantu menyamakan jarak rambatan suara antara speaker kiri dan kanan, depan dan belakang, sehingga suara terdengar makin nyaman dan pas sampai ke telinga pendengar.
2. Fitur Built-In Crossover : Keberadaan fitur ini sangat penting, terutama buat yang menggunakan sistem audio dengan aktif crossover yang biasa disebut juga dengan sistem bi-amp, karena fungsinya untuk mengatur frekuensi / cutting frequency yang tepat untuk sampai ke speaker. Tanpa fitur ini dua kemungkinan bisa terjadi, pertama speaker bisa jebol / rusak, terutama paling sensitif pada tweeter dan yang kedua suara jadi tidak terkontrol atau terdengar berantakan.
3. Fitur Equalizer (EQ) : Equalizer (EQ) penting buat menekan frekuensi suara yang berlebih dalam mobil agar suara lebih pas terdengar, pilih yang EQ-nya bisa di set secara custom.

Secara mendasar ketiga fitur diatas sangat penting keberadaannya dalam head unit untuk sebuah car audio system yang mengusung konsep SQ. Namun akan lebih baik lagi jika memilih head unit yang juga telah telah memiliki spesifikasi sebagai berikut :

1. D/A Converter (DAC) 24 bit : Pilih head unit yang mempunyai spesifikasi DAC 24 bit dibandingkan yang DAC 16 bit, spesifikasi ini berkaitan dengan tingkat resolusi daya baca head unit melalui proses konversi sinyal digital audio ke analog dari sebuah media / source, seperti CD, DVD, dll. Semakin tinggi DAC berarti kualitas suara yang dihasilkan akan semakin baik dan natural. Khusus spesifikasi yang satu ini, saat ini sudah banyak pabrikan head unit kelas bawah / entry level yang memiliki spesifikasi seperti ini, untuk itu sebaiknya jangan dijadikan patokan, lebih baik langsung dibuktikan saja kualitasnya dengan mendengarkan hasil suaranya, karena komponen yang menentukan resolusi 24 bit pada head unit kelas entry level juga mempengaruhi kualitasnya. Hanya head unit kelas atas / hi-end yang telah memiliki resolusi DAC 24 bit murni dan berkualitas, karena komponen yang mendukung didalamnya menggunakan komponen hi-grade, jadi jika memang ingin membeli head unit yang kelas hi-end pilih yang sudah memiliki spesifikasi D/A 24 bit.
2. 3 RCA Output : Head unit yang telah memiliki 3 RCA output akan lebih baik untuk dipasangkan pada sebuah sistem audio mobil. Karena biasanya sebuah head unit yang hanya mempunyai spesifikasi 2 RCA output tidak memiliki fitur time alignment, biasanya juga hanya memiliki fitur EQ dan built- in crossover yang tidak begitu presisi / terbatas.

“Dalam hal ini yang paling utamanya adalah kita juga harus jeli dalam memilih instalatur car audio, karena dari awal sampai akhir instalasi audio, peran instalatur sangat besar. Yang terakhir dalam memilih head unit atau bahkan speaker sampai power lebih baik kita sesuaikan budget yang ada, lalu bertanya dan mencari informasi produk dan kualitas seperti apa yang akan didapatkan kepada instalatur, lalu kita tes dengar dan percayakan pada selera sendiri, jangan terpengaruh pada selera orang lain yang belum tentu cocok.”ungkap Sandy menutup wawancara SO.

sumber: situs otomotif

27/08/2009 - Posted by | audio tips, car audio |

2 Komentar »

  1. DAC 24 bit ? Semakin tinggi DAC berarti kualitas suara yang dihasilkan akan semakin baik dan natural ?

    Sumber data musicnya adalah CD, yang direkam dalam format 16 bit, bagaimana DAC 24 bit dapat memperbaiki hal ini, kalau sumbernya sendiri masih 16 bit ? Jumlah bit DAC tidaklah terlalu signifikan dalam menambah kualitas audio, DAC 16 bit sudah cukup.

    Komentar oleh Kaban | 19/11/2009 | Balas

  2. bikin suasna di mobil indah

    Komentar oleh mells audio | 21/01/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: