TriAn BozAan

7M

Dongkrak Power Satria FU

2009-05-29 19:24:07

2219dongkrak-satria-kurva.jpgMendongkrak power Suzuki Satria F150 bisa dilakukan bertahap. Bahasa kerennya step by step. Mulai dari yang paling mudah dilakukan dengan harga terjangkau sampai yang sulit dikerjakan dengan harganya mahal.

Seperti paket yang disodorkan R59 Racing khusus Satria F-150. Satu paket terdiri knalpot Pico, CDI BRT Dualband, karburator dan kem. Tapi, jika dananya minim bisa dibeli ketengan.

Untuk pemula atau yang masih awam bisa mulai dari beli knalpot dulu. “Siapa saja bisa pasang. Dirancang tinggal plek dan sudah dilengkapi braket,” jelas Ergus, bos R59 Racing dari Jl. Dewi Sartika, No. 32, Ciputat, Tangerang.

Menurut Ergus, knalpot yang dari bahan steinless steel dan aluminium ini dirancang simpel. “Artinya tidak perlu ganti spuyer. Cukup seting setelan udara,” jelas Ergus yang masih pengantin baru itu.

Untuk membuktikan omongan Ergus perlu dilakukan pengujian. Guna mengukur kenaikan tenaga dan torsi menggunakan dynotest merek Dinojet 250i milik BRT (Bintang Racing Team). Juga mengukur pake AFR-meter untuk ngetes campuran bensin-udara sebagai panduan seting spuyer.

Dipandu Suar instruktur dynotest. Pengetesan dilakukan pada Suzuki Satria F-150 2007 harian. Tahap awal dites dulu kondisi standar tanpa penggantian apapun. Mesin sanggup memuntahkan tenaga 11,62 dk pada 9.000 rpm. Torsinya 9,8 Nm pada 7.300 rpm.

Selanjutnya penggantian knalpot standar. Langsung pakai pipa buang merek Pico dan tanpa seting udara. Setelah dilakukan pengetesan, mesin sanggup memuntahkan power 12,86 pada 10.100 rpm. Artinya terjadi kenaikan tenaga 1,24 dk. Lumayan tinggi untuk ukuran motor standar.

Torsi juga terdongkrak. “Setelah ganti knalpot jadi 10,68 Nm. Artinya mengalami kenaikan 0,88 Nm,” jelas Suar yang asli wong Jowo itu.

Selain uji power dan torsi, sekaligus juga melakukan pengukuran pakai AFR-meter. Campuran bensin udara berada di rentang 13 : 1. Ini masih dirasa sangat ideal untuk ukuran motor kohar alias korek harian. Berarti omongan Ergus terbukti. Pake knalpot ini, tidak perlu lagi ganti spuyer. Sekali lagi, sudah langsung pas begitu pipa saluran buang dipasang.

Percoyo?

CDI KHUSUS
2220hal13_dongkrak-satria-_gt1.jpg
Untuk pemula atau yang awam, setelah ganti knalpot menyusul pasang CDI Racing. Sebagai pasangan knalpot Pico tadi, bisa pakai CDI BRT Dualband edisi khusus. wak, kayak tabloid aja! Atau bisa aplikasi CDI BRT I-Max yang bisa diprogram. Timing pengapiannya bisa mengikuti panduan Suar.

Katanya sih, kurvanya pada rpm 1.500 yaitu 15 derajat, rpm 2.500 yaitu 27 derajat, rpm 3.000-6.000 yaitu 36 derajat, 6.500-11.000 yaitu 42 derajat, 11.500 yaitu 41 derajat, 12.000-16.000 yaitu 40 derajat. Semua ada 20 step dan per step naik 500 rpm.

Setelah menggunakan CDI racing edisi khusus tadi, tenaga mesin meningkat 13,53 dk pada 10.000 rpm. Artinya power mengalami kenaikan lagi sebesar 0,67 dk. “Total setelah menggunakan knalpot racing dan CDI khusus tadi jadi 1,91 dk. Artinya, ada kenaikan sebanyak 2 dk,” jelas Ergus yang bisa ditanya soal teknik di (021) 93339259.

Penulis/Foto : Aong/GT, Istimewa

sumber: motorplus-online

15/08/2009 - Posted by | modifikasi |

6 Komentar »

  1. Top speed bisa dapet berapa nih,,? percuma power naik top speed ga bisa dapet…kl dah ditas 140 km / h ..mantep tuh , kalo masih dibawah itu sekalipun torsi, power dsb dah meningkat secara pengukuran yah NOt Recomend deh…FU 150 = MOre Top Speed

    Komentar oleh Roni | 17/08/2009 | Balas

    • klo top speed jlas dpet prubahan yg mencolok. Klu qm pgin maen top speed bisa aja.
      mgkin spek brikut bsa d prtimbngkan
      -coba gnti knalpot yg free flow (pipanya agak kcil, tp jgn lbih kcil dr standrt).
      -gnti cdi yg unlimiter (klu perlu yg racing)
      -gear blkg gnti ukuran yg lbih kcil (ukuran 35/36)
      -coil standart ja, g prlu gnti racing (klu udah pke cdi brt)
      -busi pke NGK irridium (tp tdk trlalu berpengaruh, hnya menyempurnakan pmbakran aja kuk)
      -karbu bisa pinjem punya RX-king (tp mtor qm jd sring kangen ama pom bensin)

      dari spek tersebut qm udah bisa dpet top speed di atas 145 kpj

      tapi klu qm blum ckup puas dg top speed sgitu, q kasih saran buat naekin stroke, skalian gnti seher cbr oversize 200.
      dari tambahan spek tersebut satria qm punya top speed lbih dari 160kpj.
      tapi yang paling penting safety first boz….

      Komentar oleh hpqu | 20/08/2009 | Balas

    • bisa2…..
      aku mlh pnh dapek 146an…

      Komentar oleh fyankurt | 12/09/2009 | Balas

  2. npa motor satria FU saya ngak kencang padahal uda d ganti paking kopnya dengan yang tipis

    Komentar oleh imoen | 06/03/2010 | Balas

    • mnding maen agk ekstrim dkit

      Komentar oleh hpqu | 02/05/2010 | Balas

    • pakin udah tipis? ada 0,5mm?
      kalo power mesin blum terasa coba aja papas bureng 1mm.
      mesin masih standart?

      Komentar oleh hpqu | 12/08/2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: