TriAn BozAan

7M

Tune Up Karbu bikin irit motor

Main Jet

Pilot Jet

Jarum Skep

Harga BBM naik, harga sembako ikut naik, semua serba naik. Terus apa yang musti kita lakukan? Apa enggak mau pakai motor lagi? Jelas tidak toh, mau enggak mau kita tetap pakai motor. Maka dari itu biar enggak terlalu berat diongkos, motor mania musti cek up besutan, siapa tahu masih bisa dibikin irit.

Salah satu caranya dengan mengupgrade atau tune-up karburator. Maksudnya diservis ulang dan dicek keausannya. Karena salah satu penyebab besutan boros adalah setingan karburatorkarburator yang sudah berubah dan banyak peranti – peranti yang sudah aus dan musti diganti.

“Peranti karburator yang musti diperhatikan biar enggak boros adalah jarum skep, main jet dan pilot jet,” ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No 5, Kebon Jeruk, Jakbar.

Loh kenapa musti ada perhatian khusus? Jarum sekep dan rumahnya (needle jet), berfungsi mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan ke ruang bakar sesuai pelintiran gas. Kalau jarum ini sudah aus, tirus atau baret menyebabkan mesin ndut-ndutan karena jumalh bensin yang terhisap dengan udara masuk tidak lagi seimbang. Sudah motor enggak ada larinya, pemakaian bensin pun ikutan tambah.

Komponen lainnya yang mesti dicek yaitu pilot jet. Siapa tahu pernah diganti ukuran lebih gede atau lubangnya aus. Peranti ini berfungsi untuk menjaga kelangsaman/setasioner saat besutan berhenti. Bila lubangnya tidak standar lagi, motor susah langsam dan setelan gaspun minta digedein biar enggak mati–mati. Tapi akibatnya konsumsi BBM lebih boros.

Kemudian peranti lain yang harus diganti, main jet. Berfungsi sebagai pengatur jumlah BBM yang disemprotkan ke ruang bakar saat putaran menengah atas. Bila peranti ini lubangnya tampak terlalu longgar/aus, akan mempengaruhi debit BBM. Semakin longgar lubangny, BBM yang dikonsumsi semakin banyak, sebaliknya jika lubangnya lebih kecil konsumsi BBM lebih irit. Ukuran balikin saja sesuai bawaan motor.

Terus biayanya berapa? Sebagai contoh pada besutan Honda Supra. Bila beli satu set repair kit karburator asli sekitar Rp 200.000 lengkap dengan sil-silnya. Tapi jika eceran, main jet (Rp 35.000), pilot jet Rp 59.000 dan Rp 81.000 (jarum skep).

Tapi kalau yang agak murah ada produk imitasi, cukup ditebus sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000 untuk satu set repair kit karburator Honda Supra. “Produk imitasi kualitasnya belum tentu terjamin. Salah pilih malah bikin tambah boros bensin. Di bengkel resmi tidak jual selain yang orisinal,” tambah Syafrudin. Hayo, silahkan pilih sendiri deh!

Penulis: Banar/Foto: Popo

kutipan dari http://www.otomotifnet.com/

29/07/2009 - Posted by | modifikasi |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: