TriAn BozAan

7M

Ganti kampas kopling, motor lebih gesit

Kampas kopling masuk katagori fast moving yang boros untuk motor balap maupun korek harian (kohar). Apalagi kalau sering dibikin selip agar motor lari lebih kencang. Jika kampasnya ngedrop maka motor juga tidak akan bisa lari kencang.

Kampas kopling Suzuki FR-80 kemudian banyak jadi pilihan pelaku balap. Karena lebih tebal dan ada lapisan pelat besi di dalamnya sehingga lebih awet dan tidak hancur. Terbukti lebih tahan aus dan tahan slip, sebaiknya pilih kampas FR setiap membuat motor balap Jupiter-Z.

Secara fisik, kampas FR dan Jupiter-Z jelas beda, kalau FR memiliki lebar 12 mm dan tebal 3 mm. Sedang kampas Jupiter-Z memiliki lebar hanya 7,5 mm dan tebal 2,7 mm. Hal ini menyebabkan jika ingin menggunakan kampas FR harus mengubah matahari dan rumah kopling.

Rumah kopling sedikit dipapas dan cukup manfaatkan kikir. Kalau melihat perbandingannya, sisi kanan-kiri rumah kopling cukup dikurangi 0,15 mm. Sedang bagian matahari pada kopling harus dibubut. Jika tidak maka kampas tidak akan bisa masuk karena memang ada perbedaan diameter bagian dalam. Kurang lebih diameternya perlu dikurangi 3,5 mm karena diameter kampas kopling FR lebih besar, yaitu 80 mm. Sedang diamater matahari adalah 83,5 mm.

Sementara, saat ini kampas kopling racing untuk Jupiter-Z juga mulai banyak di pasaran. Bukan hanya merek, bentuk juga beragam dan harganya pun bervariasi. Ada beberapa merk kampas kopling racing dan lebih praktis, tanpa mengubah rumah kopling dan tinggal pasang.

Secara fisik memang beda bahan dan lapisannya tapi bentuknya hampir sama. Jika FR tebal sehingga menggunakan 5 buah kampas 4 buah pelat. Kalau produk racing Jupiter-Z rata-rata 6 buah kampas 5 buah pelat.

Termasuk kampas kopling buatan BRT (Bintang Racing Tim) yang katagorinya racing instan. Tanpa perlu modifikasi langsung pasang dan torsi naik 10%. Jupiter-Z Harlan Fadillah dan Hokky Krisdianto memang menggunakan BRT juga karena kampas buatan Amerika habis sehingga menggunakan lokal deh. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

28/07/2009 - Posted by | modifikasi |

3 Komentar »

  1. mantap bro artikelnya, mampir juga ya ke blog ane http://aaikhwan.wordpress.com

    Komentar oleh aaikhwan | 05/01/2011 | Balas

    • oke2, mkasih udah mampir.
      pastinya saya juga mampir,,,

      Komentar oleh hpqu | 18/01/2011 | Balas

  2. lhah… dari artikel tersebut sudah saya praktekkan pada kuda besi pabrikan Yamaha saya, dan memang tidak di ragukan lagi untuk di coba…

    Komentar oleh hpqu | 18/01/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: